Subscribe RSS

beberapa hari yang lalu temen gw namanya lucky tiba2 ngirim instant message ke gw lewat ym. cukup kaget, soalnya dia meskipun online hampir ngga pernah membuka pembicaraan lebih dulu. yah percakapan kita juga ngga panjang2 n suka berakhir garink. soalnya memang gw di skul juga ngga deket sama dia. mungkin karena ngga begitu cocok. dunno,, tp sejauh di fine2 aja, yah jgn nyari masalah lah.. (thats 1of my pinsip.. hoho). pembicaraan gw sama dia kmaren singkat, yg intinya dia minta gw nulis cerita yg berkesan slama gw di ricci.
awalnya mo nolak. abis pengalaman yg berkesan selama gw di ricci tuh lebih berkesan buruk bukan baik. tapi stelah pikir2 ok deh gw tulis. lumayan bisa majang nama di buku knangan (lucky ngga bilang buat buku knangan sih, tapi siapa tahu. xd).
awalnya cerita yg mau gw tulis tuh ttg ricci cup, pas gw kelas 2. yg cukup menghancurkan reputasi dan hari2 gw di ricci (kayak reputasi gw bagus aja. udah jelek, di tamabahin jelek!! sebeLL..). tapi ngga jadi. soalnya setelah 8 paragarah (yg ngga pendek) gw baca ulang, cerita itu lebih berkesan ke curhat. jadi not worth it untuk di pajang di BTS.. yah akhirnya gw tulis ulang, n ganti tema. kalo mo baca,, ada tuh di bawah..
hehe.. agak kaku sih bahasanya, soalnya lama ngga nulis cerita...

-RiN-



PROLOG: kalo gw menerawang jauh ke belakang. waktu gw kelas 1, 2, 3. gw di ricci.. gw pengen nangis. semua itu,, nyebelin, ngeselin, indah, menyenangkan, menyedihkan.. gw merasa lebih dewasa skarang. n entah kenapa gw jd mensyukuri semua itu. semua yg udah bikin gw marah2, ketawa, nangis, jatoh, sebel, seneng, jatuh cinta, patah hati..



hari ini hari pertama masuk skolah. baju baru, kerah kaku, kedodoran.. jelas keliatan cupu banget. tapi gw bangga hari itu. karena berhasil menjejakkan kaki di sma ini. sebenarnya tidak bisa di banggakan juga, karena udah dari TK gw disini. tapi yang jelas, gw bangga karena seragam gw bukan biru lagi, tapi ijo (batik.. xd).
tiga hari pertama, ngga salah lagi, MOS-Masa Orientasi Siswa. walaupun udah ngga di kerjain lagi kayak zaman angkatan kakak gw, tapi yang namanya takut tetep ada. untungnya acara MOS ngga seaneh yang gw pikirin, cuman kenalan sama anak2 baru, kenalan sama panitia, mimpin barisan dgn mata tertutup, n ngasih visi untuk sekolah ricci ii. cukup menyenangkan, karena kakak2 kelasnya waktu itu ramah2.
hari2 berikutnya gw jalanin dgn belajar. yah, seperti biasa lah kalo tahun ajaran baru mana ada sih murid yg mau belajar?? waktu guru masuk kelas, "kenalan, pa/bu!!" haha.. yah,, gitu deh. seminggu pertama masuk (dikurangin 3 hari MOS), cuman perkenalan, tugas2 yang di kasih juga tugas2 yg ngga penting (haha..).
kurang lebih 6bulan belajar, akhirnya udah deket natal. berarti ulangan umum, terima rapot, libur!! ato di balik,, ulangan umum, libur, terima rapot!! (haha). rapot kelas satu lumayan, ngga keliatan merahnya. bolehlah berbangga sedikit..
mulai januari, masuk dan belajar lagi. kurang dari 6bulan udah ketemu ulangan umum lagi. dan berarti rapot kenaikan kelas juga. sempet deg-degan soalnya di ricci kan penentuan ipa-ipsnya kelas1! haduh.. untungnya gw masuk ipa. ipa itu berarti ngga ketemu sosiologi, ekonomi, akuntansi, antropologi, dkk. tapi berarti tanggung jawab untuk belajar lebih besar, soalnya subjek pelajaran juga lebih berat di banding kelas satu. sementara ips, ngga ketemu sama yang namanya biologi, dan mafia. yah bisa berlega lah, ngga ketemu bu dewi, bu ema, pa tanto, n pa sarwono. (hehe) kenaikan kelas ini, ada 3orang anak 1a (kelas gw) pindah. lucas, acel (marcello) and niko (bonar). lucas pindah ke OL, acel ke nipam (kalo ngga salah), dan niko ke ricci tetangga (ricci i).

tahun kedua diricci.. komentarnya sebenernya cuman satu kata. BERAT!!! yang namanya subjek bahasan itu banyak banget!! buku cetak fisika makin tebel, matematika ketemu sama turunan, kimia ketemu sama kolid, biologi ketemu sama isi perut kelinci.. tahun ini anak ipa ngga ketemu sama sejarah, tapi di ganti sama geografi. itu berarti ketemu pa warno dalam 2 mata pelajaran. (tadaaaakk!! hehe.. peace pa.. ^^v)
wew,, pengen nangis rasanya ngeliat nilai rapot semester satu. fisika katrolan, kimia pas-pasan, matik turun jauh, biologi.. no comment. padahal bisa di bilang jam belajar waktu kelas satu dan sekarang ini ngga ada bedanya.
semester dua, harus makin rajin belajar!! itu tekadnya. tapi namanya manusia, ngga ada yang perfect. gw malah makin males. malah pernah pelajaran matik di skors seminggu, ngga boleh belajar di kelas (ampun bu ema..). yah, harus makin rajin belajar, kalo ngga nilai matik ngga akan naik.
penerimaan rapot.. kirain ngga naik!!! untungnya naik.. ngga percaya juga waktu bu yuli, wali kelas 2ipa, bilang kalo rangking gw naik. (haha!! peace.. ^^v).

naik kelas 3, katanya tanggung jawab makin gede. n skarang kita jg dah gede, dah dewasa, hampir semuanya dah 17 (istilahnya sweet seventeen). tapi itu semua teori. namanya remaja, kebebasan = kesempatan. liat aja warnet2 terdekat, pasti penuh sama anak2 kelas 3. haha,,
kelas tiga, banyak guru2 yang menyarankan kita untuk les tambahan di luar jam sekolah supaya bisa 'lulus gemilang' n untuk persiapan SPMB. satu hal lagi soal kelas tiga.. baju udah buluk, tipis n lecek. bahkan ada beberapa anak yang bajunya udah robek sana sini. tinggal pak kris yang sibuk negar negor supaya bajunya 'diberesin'.
kelas tiga, yang diisi penuh oleh tugas2, ulangan2, dan catatan2 penting dari guru2. memang bener kata guru2. kita butuh les tambahan, rasanya 8jam di sekolah hampir nggak berguna. pelajaran yang masuk ngga cukup rasanya untuk mengerjakan soal2 tryout UAN, sampai ada beberapa dari kita yang dapet predikat 'tidak lulus' di tryout2 itu.
8bulan kurang belajar, ngga terasa UAN datang. stress, depresi dan panik menyerang guru2, murid2 dan bahkan orang tua. tapi mau bagaimana lagi, pelajaran 3thn ini ngga bisa di kebet hanya dalam semalam. waktu menentukan, nasib pun datang. UAN gw jalani senormal dan sebaik mungkin, sama seperti temen2 seangkatan.
tamatlah UAN itu dalam tiga hari. lega dan lelah rasanya. stress yang menumpuk 3bulan terakhir keluar dalam wujud flu berat. (^^;) selesai UAN itu berarti masa 'menunggu nasib' dimulai.
hampir sebulan menunggu, akhirnya datanglah saat itu. 16 juni 2007, jam 8 pagi di aula sma ricci ii. PENGUMUMAN KELULUSAN.. takuuuut banget. soalnya banyak sekolah2 lain yang udah di umumin, dan mereka banyak yang lulus. sempet gw kepikiran jangan2 anak ricci banyak banget yang ngga lulus! (haha). begitu masuk gerbang sekolah, keliatan spanduk terpampang jauh di bunderan depan SD. setelah deket,,
"SELAMAT KEPADA SISWA/I SMA RICCI II YANG TELAH LULUS 100% DENGAN PREDIKAT A!!!"
waaaaa!!!!! senang sekali.. waktu itu gw yang jalan bareng aji and florent seneng banget. kita sampe di salamin sama mamanya aji and florent. pas masuk aula, udah keliatan beberapa anak cowo yang udah coret2 baju pake spidol. upacara pelepasan pun dimulai. dari pidato pembukaan kepala sekolah sampai doa penutup berjalan lancar dan menyenangkan. orangtua yang hadir bisa di bilang sedikit untuk siswa/i yg berjumlah 91 orang.

EPILOG: waktu itu gw sempet mikir,, apa gw bakal merindukan sekolah ini? tempat gw tumbuh dewasa, menemukan jati diri, mengoleksi teman,dan mencari sahabat. tempat dimana gw merasakan cinta, kasih sayang, persahabatan, ketulusan, perlindungan, kenyamanan, kebencian, amarah, permusuhan, dan kegusaran. mungkinkah suatu saat gw bakal menantikan saat2 itu terulang kembali nanti?
jawabannya hanya satu.. MAY,, maybe yes.. maybe no..



^^ honored..
-RiN-

0 comments to “cerita.. gw 3thn di SMA..”