Subscribe RSS

Apa bedanya Mahasiswa dengan Mahasiswa Psikologi?
Kata Dosen PU 1 gw, "Kalau Mahasiswa ditanya 'Apa itu Bulemia?', mereka akan menjawab 'Itu loh, yang nyolok-nyolok mulut dan muntah-muntahin makanan'. Sementara Mahasiswa Psikologi akan menjawab dengan teori yang sudah dipelajarinya dan pendapatnya tentang Bulemia itu."

Iya, gw anak Psikologi. Tapi gw merasa tidak semua hal harus dijawab dengan Teori Psikologi. Karena selain seorang Calon Psikolog, gw juga merupakan seorang Anak, Teman, Cucu, Adik, dan Kakak bagi orang lain.

Kemaren ini gw berniat sedikit cerita sama temen gw, tapi sebelum gw mulai cerita dia tiba-tiba bertanya "Bentar Zsa, lo mau gw mendengarkan sebagai seorang Teman atau Konselor?". Gw bingung. Ternyata temen gw ini udah punya job sebagai Konselor. Hehe..

Sekarang gw menyadari, dan bersyukur, gw menjawab "Sebagai temen", karena kebetulan temen gw itu Mahasiswa Psikologi juga. MUNGKIN, kalau gw jawab sebagai Konselor, dia akan memberikan jawaban, "Menurut teori si X itu adalah Y karena Z maka lo berperilaku A" dan seterusnya.

===

Kenyataannya, gw menemukan perbedaan jawaban dari seorang Mahasiswa dan Mahasiswa Psikologi. Perbedaan itu hampir sama dengan perbedaan yang dikatakan Dosen PU 1 gw itu.

Apa benar Mahasiswa Psikologi harus menjawab dengan teori?
Kalau begitu, gw bukan Mahasiswa Psikologi yang baik dan benar dong? Haha..

Category: | 2 Comments

2 comments to “Mahasiswa dan Mahasiswa Psikologi”

  1. Anas lagi...kayanya gw kenal temen u tuh, Zsa. Hahaha... Maaf yah klo gw jawabin kaya gitu, gw cuman mau memastikan aja gw harus bersikap seperti apa, untuk menghindari kata2, "Kita kan sama2 anak psikologi jadi seharusnya u tahu soal bla..bla". Menyebalkan bukan, emang mahasiswa psikologi bukan manusia juga yah...

  1. hahaha.. iya, kita tau siapa orang itu.. :P

    gpp kok. cuma mungkin gw bakal kena efek stun di depan laptop dulu kalau sampe2 lo jawab pake teori psikologi. hahaha.. XD

    rasanya aneh aja, kan hidup ini gak cuma berkisar "psikologi", walau pun kayaknya teori2 psikologi itu memang untuk diaplikasikan dikehidupan sehari2.